Jumat, 17 November 2017

Transaksi modul Accounting- Finance pada Odoo

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya, Ibnu Sina Jauhari - 4416217032 Mahasiswa TI UP Kelas RK. Ini merupakan Jawaban dari Soal UTS No. 3 tentang transaksi modul Accounting- Finance pada Odoo.

Dalam matakuliah ini, saya masuk pada kelompok 1 yaitu PT KITA.



Pada perusahaan ini, saya bertugas sebagai Manager Divisi Accounting-Finance yang mengurusi bagian Pajak dan juga Invoice.
Link server odoo yang digunakan http://150.107.140.214:8069/web
pada uts ini, kami ditugaskan untuk membuat database sendiri berdasarkan kelompoknya.
yang dibutuhkan setelah itu adalah email database dan password database.
setelah database kelompok sudah dibuat, kemudian masuk ke server & login. untuk mengakses fungsi Pajak yang berada pada modul Accounting, pilih Tax pada kolom Configuration.





dalam database odoo sudah terdapat beberapa pilihan input Pajak, seperti gambar diatas. lalu kita langsung saja pilih input Pajak yang nantinya akan digunakan.


dalam transaksi yang saya buat ini, saya memilih input Pajak Tax 15.00% dengan tax scopenya adalah bagian Purchase. lalu kita pilih Create.



dan ini tampilan input Pajak Tax 15.00% dengan tax scopenya bagian Purchase yang saya buat.
setelah semua kotak dialog diatas diisi, pada Label on Invoices, saya isi mengenai Pembelian ATK untuk Sekolah Teratai Jaya ini. lalu pilih Save.




inilah hasil akhir dari inputan Pajak yang telah saya buat. keterangannya adalah:
Tax Name : Purchase 15.00%
Tax Scope : Purchase
Label on Invoices : Pembelian Laptop
Fungsi Accounting untuk Tax sudah selesai. selanjutnya adalah fungsi dari Finance yang masih berada dalam satu modul, namun pilih Document kemudian Customer Invoices pada Configuration.





lalu pilih create dan muncul kotak dialog seperti gambar diatas. semua kotak ini saya isi berdasarkan asumsi saya.
Customer : PT FLAMINGGO
Payment Terms : Immediate Payment
Invoice Date : 11/11/2017
Due Date : 11/11/2017
Sales person : Administrator
Sales channel : Eropa
kemudian invoice line ini saya isi pembelian peralatan laptop dan komputer yang diperlukan oleh PT KITA, seperti Komputer Kasus, Server dan laptop dengan spesifikasi Core i5 2.70 dengan deskripsi item, quantity item, unit price masing-masing item dengan Tax 15.00% menghasilkan subtotal, untaxted amount, tax, dan total. Yang bisa dilihat dengan jelas pada gambar diatas. kemudian pilih Save.


berikut merupakan gambar yang menunjukkan bahwa Invoices yang dibuat oleh saya sudah tervalidasi dengan nomor Invoices INV/2017/0005.
#uperp11 #UTSERP #NOMOR3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#UPERP11UAS Modul HRD Non Payroll

Pada kali ini, saya telah mengerjakan tugas di modul HRD  dalam perusahaan PT. Kita untuk menjawab soal UAS ERP. Berikut ini adalah rin...