DEFINISI :
"CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola
hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan
komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan
pelanggan. Pendekatan ini memungkinakan untuk mempertahankan pelanggan dan
memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh
keuntungan yang berkelanjutan. "
FUNGSI :
- Mengidentifikasi pelanggan - pelanggan
- Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
- Mengadopsi pengukuran bedasarkan sudut pandang pelanggan
- Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
- Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
- Menangani keluhan/komplain pelanggan
- Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
- Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan
Secara singkatnya fungsi CRM di "PT. KITA" untuk
menghubungkan suatu produsen dengan calon customer, dalam modul tersebuat kita
dapat membuat penjadwalan , contohnya : untuk membuat jadwal pertemuan dengan
pelanggan untuk menawarkan produk. setelah pelanggan setuju untuk membeli
produk yangsudah di tawarkan, hal itu akan di ambil alih oleh sales yang akan
melayani customer.
PROSES BISNIS
Berikut adalah proses bisnis CRM di "PT. KITA" dan di bawah ini screen shoot dari bizagi, untuk dokumen aslinya saya upload di google drive silahkan klik [disini]
Level 1 : SPC (SUPPLIER - PERUSAHAAN - CUSTOMER) - WHITEπ
Level 2 : SALES - PURCHASE - ACCOUNTING - HR - GREY π
Level 3 : Detail masing - masing modul - (PROSES BISINIS) - BLUE π
Level 4 : ODOO - MENU UTAMA - SUB MENU - (SUB PROSES BISNIS) - YELLOW π
Level 5 : ODOO - TRANSAKSI - FORM - PINK π
Tidak ada komentar:
Posting Komentar